ATURAN PEMBERIAN REWARD

ATURAN
PEMBERIAN
PENGHARGAAN
(REWARD)
DAN
SANKSI (PUNISHMENT)
BAGI
GURU / KARYAWAN DAN SISWA
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
![]() |
SD
NEGERI 01 BANJARSARI
UPT
DINDIKBUD TALUN
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN
PEKALONGAN

DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UPT
DINDIKBUD TALUN
SD
NEGERI 01 BANJARSARI
Alamat : Jl. Raya Talun-Doro, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan 51192

KATA PENGANTAR
Puji
Dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
karuniaNya, sehingga pada akhirnya kami dapat menyusun Program Kerja ini
segbagai pegangan serta langkah dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
PROGAN KERJA ini
kami susun berdasarkan :
- Hasil rapat Dinas SD
- Hasil rapat Kepala Sekolah Dasar se Kecamatan TALUN
- Atas anjuran dari Pengawas TK/SD UPT Dindikbud Kecamatan TALUN.
Untuk mempermudah setiap gerak dan langkah, saya bagi
dalam 4 pokok antara lain :
I.
Garis-garis
Dasar Program Kerja
II.
Jadwal
Program Kerja Umum
III.
Perincian
Program Kerja Bulanan
IV.
Materi
Program Pembinaan
Dalam
penyusunan Program ini tidak lupa dari petunjuk serta bimbingan dan dorongan
dari Bapak yang berkompeten, untuk itu saya menghaturkan banyak terima kasih
kepada yang terhormat :
- Bapak Kabid PPTK Dindik Kab.Pekalongan
- Bapak Kepala UPT Pendidikan TALUN
- Bapak Pengawas SD Kecamatan TALUN
Apa bila penyusunan ini masih banyak kekurangan , kami
masih mengharapakn petunjuk, bimbingan dan saran dari bapak yang berwenang.
Kita tumbuhkan semangat dan tekad “ Hari Esok harus lebih baik dari hari ini “
Sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat perlu makin
ditingkatkan pengabdian, serta kesetiaaan kepada cita-cita perjuangan Bangsa
dan Negara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.
Banjarsari, 16 Juli 2012
Kepala
Sekolah
Rini
Graningsih, S.Pd. SD.
NIP.
196003181980122001
ATURAN
PEMBERIAN
PENGHARGAAN
(REWARD) DAN SANKSI (PUNISHMENT)
BAGI
GURU / KARYAWAN DAN SISWA
TAHUN
PELAJARAN 2012/2013
1. Bagi Guru / Karyawan
Guru dan karyawan diberi
reward (penghargaan) sebagai berikut :
Bagi Guru/karyawan selalu
tertib waktu, tertib administrasi dan melaksanakan sesuai tupoksi dengan baik
a. Diusulkan
dengan kenaikan pangkat tepat waktu ( Guru bisa 4 atau 5 semester sudah
dilaksanakan ), penjaga 4
tahun.
b. Diusulkan
mendapat kenaikan gaji berkala tepat waktu.
c. Diberi uang
transport sesuai kemampuan sekolah bagi pembina kegiatan ekstra
kurikuler.
d. Diusulkan
Mengikuti seleksi guru berprestasi.
e. Diusulkan
mengikuti seleksi kepala sekolah.
f. Diberi piagam
penghargaan.
g. Membimbng siswa
mngikuti lomba hingga mendapat peringkat 1,2,3 tingkat
kecamatan / kabupaten
diberi uang sekedar uang pembinaan.
2. Bagi Siswa
Bagi siswa yang sudah
memenuhi ketentuan maka mendapat rerward ( penghargaan )
Sebagai berikut :
a. Kenaikan kelas
Peringkat 1,2,3
b. Lulus Sekolah /
NasionalPeringkat 1,2,3
c. Mendapat piala
/ piagam kejuaraan kelas
d. Mendapat piala
/ piagam kejuaraan lomba antar sekolah.
e. Diikutkan
lomba-lomba di tingkat kecamatan/kabupaten.
f. Diberi hadiah
sesuai kemampuan sekolah.
Banjarsari, 16 Juli 2012
Kepala
Sekolah
Rini
Graningsih, S.Pd.SD.
NIP.
196003181980122001

DATA
PERENCANAAN, PELAKSANAAN,
DAN
EVALUASI PROGRAM SEKOLAH
![]() |
SD
NEGERI 01 BANJARSARI
UPT
DINDIKBUD TALUN
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN
PEKALONGAN
DATA
PERENCANAAN, PELAKSANAAN,
DAN EVALUASI PROGRAM SEKOLAH
Semua
program sekolah harus melalui tahap-tahap sesuai dengan manajemen sekolah yaitu
sebagai berikut :
1. Tahap
Perencanaan
2. Tahap
Pelaksanaan
3. Tahap Evaluasi
Tahap
–tahap tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa tingkat keberhasilan
program sekolah tersebut. Tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tersebut
dalam tabel berikut :
NO.
|
PROGRAM
SEKOLAH
|
TAHAP-TAHAP
MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH
|
HASIL
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
Kegiatan Pembelajaran
Tambahan Pelajaran
Ekstrakurikuler Pramuka
Ekstrakurikuler Seni Islami
Ujian Sekolah
Idul Qurban
Perkemahan HUT Pramuka
UKS
Pembangunan Ruang Kelas
|
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
|
Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Baik
Cukup
Baik
Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
|
Banjarsari, 16
Juli 2012
Kepala
Sekolah
Rini
Graningsih, S.Pd.SD.
NIP.
196003181980122001

RENCANA STRATEGI SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2012/2013
![]() |
SD
NEGERI 01 BANJARSARI
UPT
DINDIKBUD TALUN
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN
PEKALONGAN
PROGRAM
JANGKA
PANJANG, MENENGAH DAN TAHUNAN
SD
NEGERI 01 BANJARSARI
UPT
DINDIKBUD TALUN
DINAS
PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN PEKALONGAN
A.
Visi
Dan Misi
Visi :
·
Ciptakan
anak Cerdas, Iman, Taqwa, dan Berbudi Luhur
Misi :
·
Meningkatkan
iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·
Mendidik
anak agar berpikir cerdas, terampil dan berbudi luhur
·
Membimbing
dan membantu setiap siswa untuk mengenali dirinya.
·
Mengembangkan
minat, bakat, keaktifan peserta didik agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan
potensi yang dimiliki.
·
Menciptakan
lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya menningkatkan mutu
pendidikan.
II. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI
a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
·
Fisik
Gedung yang sudah tua
·
Daya
tampung setiap kelas tidak sepadan dengan kebutuhan
·
Kondisi meubeler yang sudah
banyak yang rusak
b. Penigkatan
Mutu dan Relevansi Pendidikan
·
Kualitas
tamatan belum bisa menduduki peringkat utama di tingkat kecamatan
·
Prosentase
tamatan SD yang berhasil lolos seleksi penerimaan murid baru di SMP Favorit
masih rendah
·
Keikutsertaan
siswa dalam lomba/kompetensi di tingkat Kabupaten dan Provinsi belum memadai
·
Peran
KKG/Supervisi klinis belum optimal dalam peningkatan mutu pendidikan
·
Sarana
penunjang pendidikan ( Lab, buku, perpustakaan, media belajar ) belum memadai
c. Efisiensi Peningkatan Manajemen Pendidikan
·
Pelaksanaan
MBS belum sesuai yang diharapkan
·
KKKS
belum optimal diberdayakan untuk efisiensi manajemen sekolah
·
Belum
optimalnya pengawasan penyelenggaraan pendidikan
III. SASARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN
a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
·
Meningkatkan
daya tampung dan alternative layanan pendidikan
·
Memberikan
kesempatan perolehan layanan pendidikan bagi semua siswa usia sekolah, terutama
yang berusia 7 tahun s.d 12 tahun
·
Mengupayakan
dana beasiswa melalui APBD dan APBN
·
Mengupayakan
penambahan biaya bantuan sekolah untuk masyarakat kurang mampu melalui APBD,
GNOTA dan program lain yang relevan
b. Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan
·
Meningkatkan
Nilai ujian Akhir Sekolah rata-rata batas ketuntasan
·
Memenuhi
kebutuhan guru dan meningkatkan kualitas serta kompetensi sesuai SPM
·
Melaksanakan
proses pembelajaran tuntas dan mendorong siswa untuk melanjutkan pendidikan
minimal wajib belajar tercapai
·
Mengikutsertakan
berbagai kegiatan lomba yang diselenggarakan di tingkat kecamatan maupun
tingkat kabupaten bahkan sampaii tingkat nasional
·
Mengupayakan
pemenuhan kebutuhan sarana secara bertahap melalui dana komite, APBD dan APBN
c. Efisiensi Peningkatan Manajemen Pendidikan
·
Mengikuti
kegiatan Peningkatan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah di tingkat Kabupaten
·
Melakukan
pelatihan guru untuk peningkatan kualitas KBM
·
Memberdayakan
peran komite sekolah dalam memajukan sekolah
IV. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI SASARAN
a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
·
Jumlah
ruang kelas belum dapat menampung usia sekolah secara maksimal
·
Program
pemberian keringanan bagi siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan
sekolah dalam rangka wajib belajar 9 tahun
·
Peningkatan
mutu dan relevansi pendidikan
·
Meningkatkan
nilai tes akhir semester dan ujian akhir sekolah
·
Belum
memiliki laboratorium computer yang memadai
·
Ketersediaan
buku pegangan dan buku paket belum mencukupi
·
Kompetensi
guru kurang memadai
b. Efisiensi Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan
·
Belum
semua warga sekolah memahami pentingnya Komite Sekolah
·
Pa\rtisipasi
masyarakat dalam pendidikan belum optimal
·
Memberdayakan
Komite Sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan melalui KKKS dan KKG
V. ANALISIS KESIAPAN FUNGSI ( ANALISIS SWOT )
a. Analisis SWOT untuk Perluasan dan Pemerataan Pendidikan
Strength ( Kekuatan atau
Potensi )
·
Komitmen
warga desa Banjarsari dalam bidang
pendidikan cukup tinggi
·
Potensi
sumber daya alam yang mendukung keterlaksanaan program pendidikan
·
Adanya
partisipasi sebagian masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan
Weaknesses ( Kelemahan )
·
Kondisi
masyarakat desa Banjarsari sebagian bertani dan buruh
·
Jumlah
dan kualifikasi tenaga pendidikan belum memadai ditinjau dari SPM
·
Daya
tampung belum sebanding dengan kebutuhan
Opportunites ( Peluang )
·
Adanya
program beasiswa anak berprestasi dari APBD I / APBD II
·
Adanya
lembaga desa yang mendorong terlaksananya peningkatan mutu pendidikan
·
Adanya
dukungan dari masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan
·
Potensi
bantuan / block grant yang dapat diperoleh
Treath ( Ancaman )
·
Pengaruh
Penyalahgunaan obat terlarang
·
Faktor
keamanan lingkungan sekolah / lembaga pendidikan kurang kondusif
·
Pemberlakuan
Kurikulum sekolah yang masih dalam
penyempurnaan.
b. Analisis SWOT untuk Perluasan dan Pemerataan Pendidikan
Strength ( Kekuatan atau Potensi )
·
Tersediaanya
potensi sumber dana untuk peningkatan mutu pendidikan
·
Tersediaanya
tenaga pendidikan yang berpotensi untuk dikembangkan
·
Adanya
upaya pemenuhan sarpras secara berkesinambungan
·
Dukungan
masyarakat sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan
·
Adanya
program pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kependidikan
Weaknesses ( Kelemahan )
·
Kurangnya
komitmen sebagian tenaga kependidikan dalam melaksanakan hasil diklat
·
Sistem
pengadaan sarpras belum sesuai dengan kebutuhan
·
Belum
meratanya kualitas pendidikan oorang tua yang diharapkan
·
Belum
optimalnya pemanfaatan sebagian sarpras yang telah tersedia
Opportunites ( Peluang )
·
Adanya
peluang program peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan
Treath ( Ancaman )
·
Kesenjangan
antara kecepatan kemajuan dengan upaya peningkatan kemampuan
·
Pengaruh
Penyalahgunaan obat terlarang dan budaya asing yang tidak relevan
·
Singkronisasi
kebijakan daerah dan sekolah belum berjalan sebagaimana mestinya
c. Analisis SWOT untuk Perluasan dan Pemerataan Pendidikan
Strength ( Kekuatan atau Potensi )
·
Telah
diberlakukannya kebijakan MPMBS untuk pengelolaan sekolah
·
Dukungan
pemda dalam pengembangan manajemen sekolah dalam bentik diklat manajemen
Weaknesses ( Kelemahan )
·
Belum
terarahnya jalur pengembangan karier
·
Kepem
No. 296/U/1996 tentang masa jabatan kepala sekolah belum terlaksana secara
efektif
Opportunites ( Peluang )
·
Adanya
kebijakan MBS yang diberlakukan oleh pemerintah
·
Dukungan
masyarakat melalui Komite sekolah dalam usul rumusan rancangan Anggaran
Pendapatan dan belanja sekolah
·
Adanya
peluang kebijakan Pemda dalam pengembangan SDM di bidang manajemen
·
Adanya
donatur dari masyarakat untuk pengembangan sekolah
Treath ( Ancaman )
·
Keberadaan
guru sewaktu-waktu dapat dimutasi
·
Pembakuan
struktur organisasi sekolah, belum mengakomodasi kebutuhan manajemen sekolah
·
Ketersediaan
dana rutin operasional sekolah terbatas dan bila ada selalu tidak tepat waktu
VI. ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH
a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
1.
Mengusulkan
Membangun Perpustakaan
2.
Mengusulkan
program bantuan bea siswa kurang mampu
3.
Pemanfaatan
guru wiyata bhakti dan tenaga ahli lainnya untuk alternative layanan pendidikan
b. Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan
1.
Mengikutsertakan
guru dalam program diklat bagi guru, untuk peningkatan kualifikasi atau
kompetensi.
2.
Mengoptimalkan
kegiatan KKG di Gugus.
3.
Mengikutsertakan
Program pelatihan tenaga kependidikan lainnya.
4.
Program
pemenuhan sarpras sesuai dengan kebutuhan secara bertahap.
5.
Mengikutsertakan
Program lomba keilmuan/akademis, seni, olah raga dan minat baca serta kegiatan
lain yang relevan.
c. Efisiensi Manajemen Pendidikan
1.
Program
kaderisasi Manajemen Kepala Sekolah bagi guru senior.
2.
Program
pembentukan guru pemandu mata pelajaran di sekolah
3.
Program
diklat tenaga kependidikan non guru
4.
Implementasi
MBS di sekolah
5.
Rintisan
pengembangan Sarapan Pagi dalam PAKEM
6.
Proggram
5 K
7.
Program
pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan melalui komite sekolah serta lembaga
desa lainnya.
VII. PROGRAM KERJA
a)
Perluasan
Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
1.
Meningkatkan
daya tampung
a)
Penambahan
Perpustakaan
b)
Pemberdayaan
lembaga di desa untuk mewujudkan Perpustakaan
c)
Merehabilitasi
gedung/ruang kelas ( mengusulkan rehab)
2.
Mencegah
siswa putus sekolah
a)
Pemberian
bantuan beasiswa
b)
Mencarikan
orang tua asuh bagi siswa yang miskin
3.
Meningkatkan
kepedulian masyarakat terhadap pendidikan
a)
Sosialisasi
pada masyarakat untuk memberikan prioritas dan kepedulian terhadap pendidikan
b)
Meningkatkan
kerjasama dengan komite sekolah
c)
Meningkatkan
kerjsama dan dukungan dari DUDI terhadap penyelenggaraan pendidikan
b) Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan
1.
Peningkatan
kualitas kinerja tenaga kependidikan
a)
Pemerataan
kesempatan untuk mengikuti penataran guru
b)
Memberikan
kesempatan pada guru untuk peningkatan kualifikasi guru dari SPG ke DII maupun
ke S 1
c)
Pemberian
bantuan pengusulan PAK
d)
Menganggarkan
uang transport untuk kegiatan sekolah diluar jam efektif
2.
Pemenuhan
sarana prasarana sesuai kebutuhan secara bertahap
a)
Pengadaan
buku pelajaran
b)
Penambahan
alat-alat media pembelajaran
c)
Pengadaan
gedung perpustakaan, Lab. Komputer
3.
Lomba
keilmuan/akademik, olah raga dan seni
a)
Mengikutsertakan
dalam lomba olimpiade Mipa
b)
Mengikutsertakan
dalam lomba Mapsi
c)
Mengikutsertakan
dalam lomba siswa teladan
d)
Mengikutsertakan
dalam lomba Festifal kompetensi
e)
Mengikutsertakan
dalam lomba Porseni
c) Efisiensi Peningkatan
Manajemen Pendidikan
1.
Pendidikan
dan Pelatihan Manajemen Tenaga Pendidikan
a)
Peningkatan
pengelolaan manajemen Kepala Sekolah
b)
Penataan
guru dan dan non guru
c)
Meningkatkan
kinerja guru melalui supervise klinis
d)
Meningkatkan
kemampuan guru dalam pengelolaan kelas
2.
Pemberdayaan
Masyarakat
a)
Sosialisasi
Kep. Mendiknas No. 044/U/2002 tentang komite sekolah
b)
Sosialisasi
pelaksanaan Jam Belajar Efektif Masyarakat ( JBEM )
c)
Pelatihan
peningkatan peran dan fungsi Pengurus Komite Sekolah
PROGRAM PENINGKATAN MUTU
Sumber Daya Manusia
Untuk peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 01 Banjarsari peran
sumber daya manusia dalam pengelolaan manajemen sekolah sangat penting. Baik
buruknya sistem manajemen pendidikan kita terkait erat dengan mutu sumber daya
manusia pula, demikian juga mutu pembelajaran agar lebih bermakna bagi siswa
dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesional oleh karena itu
program peningkatan mutu sumber daya manusia di SD Negeri 01 Banjarsari
Kecamatan talun senantiasa diupayakan dan diselaraskan dengan program Visi dan
Misi sekolah, melalui :
1.
Mengikuti
program belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
2.
Mengikuti
pelatihan atau penataran
3.
Mengikuti
seminar
4.
Mengadakan
studi banding
5.
Melaksanakan
KKG secara intensif
Program Pengajaran ( Kurikulum )
Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan dengan
mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan
lingkungan, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tahun
2012/2013 SD Negeri 01 Banjarsari telah menggunakan Kurikulum KTSP yang disusun
menurut kondisi dan keadaan SD Negeri 01 Banjarsari.
Model Pembelajaran
Berangkat dari konsep pemikiran bahwa anak merupakan individu yang unik, yang mana setiap individu
mempunyai potensi yang berbeda-beda, maka sangat diperlukan model pembelajaran
yang tepat yaitu pembelajaran yang klasikal dengan menggunakan pendekatan individu,
dengan cara :
a)
Setiap
guru kelas membuat peta kelas yaitu mengelompokkan siswa yang pandai, sedang
dan yang kurang. Dengan dasar itulah guru dapat memberikan layanan kepada siswa
secara tepat
b)
Memberikan
bimbingan secara khusus kepada siswa yang berbakat, guna mempersiapkan siswa
dalam mengikuti berbagai lomba
c)
Memberikan
tambahan jam pelajaran kepada secara mengadakan perbaikan dan pengayaan
d)
Mengefektifkan program remidi
Sistem Evaluasi
Guna mengukur ketercapaian materi ( daya serap ) perlu dilakukan
evaluasi yang meliputi :
·
Ulangan
harian
·
Penilaian
pengamatan
·
Penilaian
tugas atau PR
·
Ulangan
tengah semester
·
Ulangan
akhir semester
·
Ujian
akhir sekolah
Administrasi
Administrasi yang tertib mewujudkan kinerja yang baik, untuk itu
guna meningkatkan mutu SD Negeri 01 Banjarsari Kecmatan Talun perlu membiasakan
mengerjakan administrasi secara teratur dan lengkap meliputi :
·
Administrasi
Kepala Sekolah
·
Administrasi
Guru Kelas
·
Administrasi
Guru Mata Pelajaran
·
Administrasi
Tenaga Kependidikan
Program Kegiatan Non-Akademik
Guna menyeimbangkan otak kiri dan kanan maka perlu dikembangkan
kegiatan non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler, SD Negeri 01 Banjarsari
menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler diantaranya yaitu :
·
Pramuka
·
Olah
Raga
·
Kesenian
Siswa akan mengaktualisasikan hasil kegiatan tersebut melalui
pentas seni atau porseni
PROGRAM BIDANG SARANA DAN PRRASARANA
( JANGKA PANJANG )
Program bidang sarana prasarana dan rumah tangga meliputi pengadaan
dan perawatan serta mengatur kegunaanya dan menyediakan fasilitas bagi guru dan
karyawan guna memperlancar kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lain. Tahun
2012/2013 program bidang Saarpras dan rumah tangga meliputi :
Ø Rehab Bangun Gedung
·
Perbaikan
plafon ruang kelas
·
Perbaikan
dinding kelas
·
Perbaikan
meubeler
·
Pengecatan
dinding dan pagar
·
Perbaikan
papan nama
·
Pembuatan
Gapura
Ø Pengadaan Barang
·
Pengadaan
meubeler
·
Pengadaan
komputer
·
Pengadaan
alat peraga
·
Pengadaan
alat tulis kantor
·
Pengadaan
seragam guru dan karyawan
·
Pengadaan
kebersihan
·
Pengadaaan
sound sistem
·
Pengadaan
seperangkat alat drumband
PROGRAM KEGIATAN PEMBINAAN ROKHANI
( JANGKA MENENGAH )
Program kegiatan
pembinaan rokhani untuk mencapai terwujudnya visi dan misi sekolah, maka
pembinaan kerokhanian sangat penting bagi guru dan siswa SD Negri 01 Banjarsari
agar kualitas keimanan dan mental spiritual selalu terjaga.
Untuk kegiatan
tersebut SD Negeri 01 Banjarsari Tahun Pelajaran 2012/2013 mempunyai program
sebagai berikut :
1.
Kegiatan
baca tulis Al-Qur’an
2.
Kegiatan
Kaligrafi
3.
Memperingati
Hari Besar Agama
4.
Kegiatan
sholat berjama’ah
5.
Kegiatan
Latihan Qurban
PROGRAM
KEGIATAN UNIT KESEHATAN SEKOLAH
( JANGKA PENDEK )
UKS dirsakan
sangat penting bagi SD Negeri 01 Banjarsari. Hal ini karena jumlah siswa cukup
banyak dan banyak permasalahan kesehatan yang terjadi pada anak didik di
sekolah, oleh karena itu pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah yang
ditanganioleh Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan dokter kecil untuk
memberikan pelayanan kepada siswa yang membutuhkan.
Pada tahun
pelajaran 2012/2013 di SD Negeri 01 Banjarsari merencanakan penambahan jumlah
kader karena dokter kecil yang ada sebagian besar sudah lulus sekolah.
PROGRAM
PERPUSTAKAAN
Perpustakan merupakan salah satu komponen sekolah yang sangat
penting bagi peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 01 Banjarsari dengan
pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang baik diharapkan dapat meningkatkan
minat baca siswa, guru dan karyawan, sehingga peningkatan mutu sumber daya
manusia dan mutu pendidikan akan didapatkan.
PROGRAM HUBUNGAN MASYARAKAT
Agar hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar instansi
terkait dapat berlangsung dengan baik dan lancar, maka SD Negeri 01 Banjarsari
mempunyai program di bidang hubungan kemasyarakatan untuk tahun pelajaran
2012/2013 dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.
Publikasi
tentang kegiatan sekolah
2.
Mengadakan
pertemuan-pertemuan
·
Orang
tua murid
·
Komite
Sekolah
·
Instansi
terkait
3.
Mengundang
nara sumber dalam berbagai kegiatan
4.
Mengadakan
kerjasama dengan lembaga lain :
·
Komputer
·
Test
IQ
·
Perusahaan
lain yang tidak mengikat
PENUTUP
Seraya mengucap
syukur Alhamdulillah dengan selesainya penyusunan program kerja SD Negeri 01
Banjarsari Tahun Pelajaran 2012/2013, walaupun masih sangat sederhana program
yang tersusun ini masih berupa garis besar yang akan dijabarkan ke dalam
rincian tugas. Terlaksana tidaknya program ini sangat tergantung dari peran
serta seluruh warga sekolah dan dana yang tersedia. Oleh karena itu dibutuhkan
suatu motivasi yang kuat untuk berupaya mewujudkan visi dan misi sekolah dalam
memberikan pelayanan kepada siswa dan masyarakat.
Banjarsari, 16 Juli 2012
Kepala Sekolah
Rini Graningsih, S.Pd.SD.
NIP. 196003181980122001
Komentar
Posting Komentar