ATURAN PEMBERIAN REWARD






ATURAN PEMBERIAN
PENGHARGAAN (REWARD)
DAN SANKSI (PUNISHMENT)
BAGI GURU / KARYAWAN DAN SISWA
TAHUN PELAJARAN 2012/2013







 




















SD NEGERI 01 BANJARSARI
UPT DINDIKBUD TALUN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN PEKALONGAN







Kab PklPEMERINTAH KABUPATEN PEKALONGAN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
UPT DINDIKBUD TALUN
SD NEGERI 01 BANJARSARI
Alamat : Jl. Raya Talun-Doro, Kecamatan Talun, Kabupaten Pekalongan 51192
 


KATA PENGANTAR

            Puji Dan syukur kami panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan karuniaNya, sehingga pada akhirnya kami dapat menyusun Program Kerja ini segbagai pegangan serta langkah dalam melaksanakan tugas sehari-hari.
            PROGAN KERJA ini kami susun berdasarkan :
  1. Hasil rapat Dinas SD
  2. Hasil rapat Kepala Sekolah Dasar se Kecamatan TALUN
  3. Atas anjuran dari Pengawas TK/SD UPT Dindikbud Kecamatan TALUN.

Untuk mempermudah setiap gerak dan langkah, saya bagi dalam 4 pokok antara lain :

I.                   Garis-garis Dasar Program Kerja
II.                Jadwal Program Kerja Umum
III.             Perincian Program Kerja Bulanan
IV.             Materi Program Pembinaan
     Dalam penyusunan Program ini tidak lupa dari petunjuk serta bimbingan dan dorongan dari Bapak yang berkompeten, untuk itu saya menghaturkan banyak terima kasih kepada yang terhormat :
  1. Bapak Kabid PPTK Dindik Kab.Pekalongan
  2. Bapak Kepala UPT Pendidikan TALUN
  3. Bapak Pengawas SD Kecamatan TALUN
Apa bila penyusunan ini masih banyak kekurangan , kami masih mengharapakn petunjuk, bimbingan dan saran dari bapak yang berwenang. Kita tumbuhkan semangat dan tekad “ Hari Esok harus lebih baik dari hari ini “
Sebagai abdi Negara dan abdi masyarakat perlu makin ditingkatkan pengabdian, serta kesetiaaan kepada cita-cita perjuangan Bangsa dan Negara berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945.

                                                                        Banjarsari, 16 Juli 2012
                                                                        Kepala Sekolah


                                                                        Rini Graningsih, S.Pd. SD.
                                                                        NIP. 196003181980122001



ATURAN PEMBERIAN
PENGHARGAAN (REWARD) DAN SANKSI (PUNISHMENT)
BAGI GURU / KARYAWAN DAN SISWA
TAHUN PELAJARAN 2012/2013



1.  Bagi Guru / Karyawan
     Guru dan karyawan diberi reward (penghargaan) sebagai berikut :
     Bagi Guru/karyawan selalu tertib waktu, tertib administrasi dan melaksanakan sesuai tupoksi dengan baik
            a. Diusulkan dengan kenaikan pangkat tepat waktu ( Guru bisa 4 atau 5 semester sudah
    dilaksanakan ), penjaga 4 tahun.
            b. Diusulkan mendapat kenaikan gaji berkala tepat waktu.
            c. Diberi uang transport sesuai kemampuan sekolah bagi pembina kegiatan ekstra
    kurikuler.
            d. Diusulkan Mengikuti seleksi guru berprestasi.
            e. Diusulkan mengikuti seleksi kepala sekolah.
            f. Diberi piagam penghargaan.
            g. Membimbng siswa mngikuti lomba hingga mendapat peringkat 1,2,3 tingkat
    kecamatan / kabupaten diberi uang sekedar uang pembinaan.

2. Bagi Siswa
     Bagi siswa yang sudah memenuhi ketentuan maka mendapat rerward ( penghargaan )
     Sebagai berikut :
            a. Kenaikan kelas Peringkat 1,2,3
            b. Lulus Sekolah / NasionalPeringkat 1,2,3
            c. Mendapat piala / piagam kejuaraan kelas
            d. Mendapat piala / piagam kejuaraan lomba antar sekolah.
            e. Diikutkan lomba-lomba di tingkat kecamatan/kabupaten.
            f. Diberi hadiah sesuai kemampuan sekolah.


    

Banjarsari,    16 Juli 2012
Kepala Sekolah




Rini Graningsih, S.Pd.SD.
NIP. 196003181980122001


















DATA PERENCANAAN, PELAKSANAAN,
DAN EVALUASI PROGRAM SEKOLAH







 




















SD NEGERI 01 BANJARSARI
UPT DINDIKBUD TALUN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN PEKALONGAN












DATA PERENCANAAN, PELAKSANAAN,
DAN EVALUASI PROGRAM SEKOLAH


                        Semua program sekolah harus melalui tahap-tahap sesuai dengan manajemen sekolah yaitu sebagai berikut :
            1. Tahap Perencanaan
            2. Tahap Pelaksanaan
            3. Tahap Evaluasi

                        Tahap –tahap tersebut dilakukan untuk mengetahui seberapa tingkat keberhasilan program sekolah tersebut. Tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi tersebut dalam tabel berikut :

NO.
PROGRAM SEKOLAH
TAHAP-TAHAP MANAJEMEN PROGRAM SEKOLAH
HASIL
1.


2.


3.


4.


5.


6.


7.


8.


9.
Kegiatan Pembelajaran


Tambahan Pelajaran


Ekstrakurikuler Pramuka


Ekstrakurikuler Seni Islami


Ujian Sekolah


Idul Qurban


Perkemahan HUT Pramuka


UKS


Pembangunan Ruang Kelas
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Pembuatan persiapan
Pelaksanaan
Evaluasi
Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Baik
Cukup
Baik
Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Baik
Cukup
Cukup
Cukup



Banjarsari,    16  Juli 2012
Kepala Sekolah




Rini Graningsih, S.Pd.SD.
NIP. 196003181980122001












RENCANA STRATEGI SEKOLAH
TAHUN PELAJARAN 2012/2013








 


















SD NEGERI 01 BANJARSARI
UPT DINDIKBUD TALUN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN PEKALONGAN












PROGRAM
JANGKA PANJANG, MENENGAH DAN TAHUNAN
SD NEGERI 01 BANJARSARI
UPT DINDIKBUD TALUN
DINAS PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
KABUPATEN PEKALONGAN

A.    Visi Dan Misi



Visi :

·         Ciptakan anak Cerdas, Iman, Taqwa, dan Berbudi Luhur

Misi :

·         Meningkatkan iman dan taqwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa.
·         Mendidik anak agar berpikir cerdas, terampil dan berbudi luhur
·         Membimbing dan membantu setiap siswa untuk mengenali dirinya.
·         Mengembangkan minat, bakat, keaktifan peserta didik agar tumbuh dan berkembang sesuai dengan potensi yang dimiliki.
·         Menciptakan lingkungan pembelajaran yang kondusif dalam upaya menningkatkan mutu pendidikan.




















II. IDENTIFIKASI TANTANGAN NYATA YANG DIHADAPI

a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
·         Fisik Gedung yang sudah tua
·         Daya tampung setiap kelas tidak sepadan dengan kebutuhan
·         Kondisi meubeler yang sudah banyak yang rusak

b. Penigkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan
·         Kualitas tamatan belum bisa menduduki peringkat utama di tingkat kecamatan
·         Prosentase tamatan SD yang berhasil lolos seleksi penerimaan murid baru di SMP Favorit masih rendah
·         Keikutsertaan siswa dalam lomba/kompetensi di tingkat Kabupaten dan Provinsi belum memadai
·         Peran KKG/Supervisi klinis belum optimal dalam peningkatan mutu pendidikan
·         Sarana penunjang pendidikan ( Lab, buku, perpustakaan, media belajar ) belum memadai

c. Efisiensi Peningkatan Manajemen Pendidikan
·         Pelaksanaan MBS belum sesuai yang diharapkan
·         KKKS belum optimal diberdayakan untuk efisiensi manajemen sekolah
·         Belum optimalnya pengawasan penyelenggaraan pendidikan





















III. SASARAN PEMENUHAN KEBUTUHAN

a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
·         Meningkatkan daya tampung dan alternative layanan pendidikan
·         Memberikan kesempatan perolehan layanan pendidikan bagi semua siswa usia sekolah, terutama yang berusia 7 tahun s.d 12 tahun
·         Mengupayakan dana beasiswa melalui APBD dan APBN
·         Mengupayakan penambahan biaya bantuan sekolah untuk masyarakat kurang mampu melalui APBD, GNOTA dan program lain yang relevan

b. Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan
·         Meningkatkan Nilai ujian Akhir Sekolah rata-rata batas ketuntasan
·         Memenuhi kebutuhan guru dan meningkatkan kualitas serta kompetensi sesuai SPM
·         Melaksanakan proses pembelajaran tuntas dan mendorong siswa untuk melanjutkan pendidikan minimal wajib belajar tercapai
·         Mengikutsertakan berbagai kegiatan lomba yang diselenggarakan di tingkat kecamatan maupun tingkat kabupaten bahkan sampaii tingkat nasional
·         Mengupayakan pemenuhan kebutuhan sarana secara bertahap melalui dana komite, APBD dan APBN

c. Efisiensi Peningkatan Manajemen Pendidikan
·         Mengikuti kegiatan Peningkatan Kemampuan Manajerial Kepala Sekolah di tingkat Kabupaten
·         Melakukan pelatihan guru untuk peningkatan kualitas KBM
·         Memberdayakan peran komite sekolah dalam memajukan sekolah
















IV. IDENTIFIKASI FUNGSI-FUNGSI SASARAN

a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
·         Jumlah ruang kelas belum dapat menampung usia sekolah secara maksimal
·         Program pemberian keringanan bagi siswa dari keluarga kurang mampu untuk melanjutkan sekolah dalam rangka wajib belajar 9 tahun
·         Peningkatan mutu dan relevansi pendidikan
·         Meningkatkan nilai tes akhir semester dan ujian akhir sekolah
·         Belum memiliki laboratorium computer yang memadai
·         Ketersediaan buku pegangan dan buku paket belum mencukupi
·         Kompetensi guru kurang memadai

b. Efisiensi Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan
·         Belum semua warga sekolah memahami pentingnya Komite Sekolah
·         Pa\rtisipasi masyarakat dalam pendidikan belum optimal
·         Memberdayakan Komite Sekolah dalam menyelenggarakan layanan pendidikan melalui KKKS dan KKG
























V. ANALISIS KESIAPAN FUNGSI ( ANALISIS SWOT )
a. Analisis SWOT untuk Perluasan dan Pemerataan Pendidikan
  
Strength ( Kekuatan     atau Potensi )
·         Komitmen warga desa Banjarsari  dalam bidang pendidikan cukup tinggi
·         Potensi sumber daya alam yang mendukung keterlaksanaan program pendidikan
·         Adanya partisipasi sebagian masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan

Weaknesses ( Kelemahan )
·         Kondisi masyarakat desa Banjarsari sebagian bertani dan buruh
·         Jumlah dan kualifikasi tenaga pendidikan belum memadai ditinjau dari SPM
·         Daya tampung belum sebanding dengan kebutuhan

Opportunites ( Peluang )
·         Adanya program beasiswa anak berprestasi dari APBD I / APBD II
·         Adanya lembaga desa yang mendorong terlaksananya peningkatan mutu pendidikan
·         Adanya dukungan dari masyarakat terhadap penyelenggaraan pendidikan
·         Potensi bantuan / block grant yang dapat diperoleh

Treath ( Ancaman )
·         Pengaruh Penyalahgunaan obat terlarang
·         Faktor keamanan lingkungan sekolah / lembaga pendidikan kurang kondusif
·         Pemberlakuan Kurikulum  sekolah yang masih dalam penyempurnaan.

b. Analisis SWOT untuk Perluasan dan Pemerataan Pendidikan
 
 Strength ( Kekuatan     atau Potensi )
·         Tersediaanya potensi sumber dana untuk peningkatan mutu pendidikan
·         Tersediaanya tenaga pendidikan yang berpotensi untuk dikembangkan
·         Adanya upaya pemenuhan sarpras secara berkesinambungan
·         Dukungan masyarakat sekolah dalam upaya peningkatan mutu pendidikan
·         Adanya program pendidikan dan pelatihan bagi tenaga kependidikan

Weaknesses ( Kelemahan )
·         Kurangnya komitmen sebagian tenaga kependidikan dalam melaksanakan hasil diklat
·         Sistem pengadaan sarpras belum sesuai dengan kebutuhan
·         Belum meratanya kualitas pendidikan oorang tua yang diharapkan
·         Belum optimalnya pemanfaatan sebagian sarpras yang telah tersedia



Opportunites ( Peluang )
·         Adanya peluang program peningkatan kualifikasi dan kompetensi tenaga kependidikan

Treath ( Ancaman )
·         Kesenjangan antara kecepatan kemajuan dengan upaya peningkatan kemampuan
·         Pengaruh Penyalahgunaan obat terlarang dan budaya asing yang tidak relevan
·         Singkronisasi kebijakan daerah dan sekolah belum berjalan sebagaimana mestinya


c. Analisis SWOT untuk Perluasan dan Pemerataan Pendidikan
 
 Strength ( Kekuatan     atau Potensi )
·         Telah diberlakukannya kebijakan MPMBS untuk pengelolaan sekolah
·         Dukungan pemda dalam pengembangan manajemen sekolah dalam bentik diklat manajemen
Weaknesses ( Kelemahan )
·         Belum terarahnya jalur pengembangan karier
·         Kepem No. 296/U/1996 tentang masa jabatan kepala sekolah belum terlaksana secara efektif

Opportunites ( Peluang )
·         Adanya kebijakan MBS yang diberlakukan oleh pemerintah
·         Dukungan masyarakat melalui Komite sekolah dalam usul rumusan rancangan Anggaran Pendapatan dan belanja sekolah
·         Adanya peluang kebijakan Pemda dalam pengembangan SDM di bidang manajemen
·         Adanya donatur dari masyarakat untuk pengembangan sekolah

Treath ( Ancaman )
·         Keberadaan guru sewaktu-waktu dapat dimutasi
·         Pembakuan struktur organisasi sekolah, belum mengakomodasi kebutuhan manajemen sekolah
·         Ketersediaan dana rutin operasional sekolah terbatas dan bila ada selalu tidak tepat waktu









VI. ALTERNATIF LANGKAH-LANGKAH PEMECAHAN MASALAH

a. Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
1.      Mengusulkan Membangun Perpustakaan
2.      Mengusulkan program bantuan bea siswa kurang mampu
3.      Pemanfaatan guru wiyata bhakti dan tenaga ahli lainnya untuk alternative layanan pendidikan
b. Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan
1.      Mengikutsertakan guru dalam program diklat bagi guru, untuk peningkatan kualifikasi atau kompetensi.
2.      Mengoptimalkan kegiatan KKG di Gugus.
3.      Mengikutsertakan Program pelatihan tenaga kependidikan lainnya.
4.      Program pemenuhan sarpras sesuai dengan kebutuhan secara bertahap.
5.      Mengikutsertakan Program lomba keilmuan/akademis, seni, olah raga dan minat baca serta kegiatan lain yang relevan.
c. Efisiensi Manajemen Pendidikan
1.      Program kaderisasi Manajemen Kepala Sekolah bagi guru senior.
2.      Program pembentukan guru pemandu mata pelajaran di sekolah
3.      Program diklat tenaga kependidikan non guru
4.      Implementasi MBS di sekolah
5.      Rintisan pengembangan Sarapan Pagi dalam PAKEM
6.      Proggram 5 K
7.      Program pemberdayaan masyarakat dalam pendidikan melalui komite sekolah serta lembaga desa lainnya.


















VII. PROGRAM KERJA
a)    Perluasan Kesempatan dan Pemerataan Pendidikan
1.      Meningkatkan daya tampung
a)      Penambahan Perpustakaan
b)      Pemberdayaan lembaga di desa untuk mewujudkan Perpustakaan
c)      Merehabilitasi gedung/ruang kelas ( mengusulkan rehab)
2.      Mencegah siswa putus sekolah
a)      Pemberian bantuan beasiswa
b)      Mencarikan orang tua asuh bagi siswa yang miskin
3.      Meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap pendidikan
a)      Sosialisasi pada masyarakat untuk memberikan prioritas dan kepedulian terhadap pendidikan
b)      Meningkatkan kerjasama dengan komite sekolah
c)      Meningkatkan kerjsama dan dukungan dari DUDI terhadap penyelenggaraan pendidikan
  b)  Peningkatan Mutu dan Relevansi Pendidikan
1.    Peningkatan kualitas kinerja  tenaga kependidikan
a)      Pemerataan kesempatan untuk mengikuti penataran guru
b)      Memberikan kesempatan pada guru untuk peningkatan kualifikasi guru dari SPG ke DII maupun ke S 1
c)      Pemberian bantuan pengusulan PAK
d)     Menganggarkan uang transport untuk kegiatan sekolah diluar jam efektif
2.    Pemenuhan sarana prasarana sesuai kebutuhan secara bertahap
a)      Pengadaan buku pelajaran
b)      Penambahan alat-alat media pembelajaran
c)      Pengadaan gedung perpustakaan, Lab. Komputer
3.    Lomba keilmuan/akademik, olah raga dan seni
a)      Mengikutsertakan dalam lomba olimpiade Mipa
b)      Mengikutsertakan dalam lomba Mapsi
c)      Mengikutsertakan dalam lomba siswa teladan
d)     Mengikutsertakan dalam lomba Festifal kompetensi
e)      Mengikutsertakan dalam lomba Porseni
c)  Efisiensi Peningkatan Manajemen Pendidikan
1.      Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Tenaga Pendidikan
a)      Peningkatan pengelolaan manajemen Kepala Sekolah
b)      Penataan guru dan dan non guru
c)      Meningkatkan kinerja guru melalui supervise klinis
d)     Meningkatkan kemampuan guru dalam pengelolaan kelas
2.      Pemberdayaan Masyarakat
a)      Sosialisasi Kep. Mendiknas No. 044/U/2002 tentang komite sekolah
b)      Sosialisasi pelaksanaan Jam Belajar Efektif Masyarakat ( JBEM )
c)      Pelatihan peningkatan peran dan fungsi Pengurus Komite Sekolah
PROGRAM PENINGKATAN MUTU

Sumber Daya Manusia
Untuk peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 01 Banjarsari peran sumber daya manusia dalam pengelolaan manajemen sekolah sangat penting. Baik buruknya sistem manajemen pendidikan kita terkait erat dengan mutu sumber daya manusia pula, demikian juga mutu pembelajaran agar lebih bermakna bagi siswa dibutuhkan sumber daya manusia yang handal dan profesional oleh karena itu program peningkatan mutu sumber daya manusia di SD Negeri 01 Banjarsari Kecamatan talun senantiasa diupayakan dan diselaraskan dengan program Visi dan Misi sekolah, melalui :
1.      Mengikuti program belajar ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi
2.      Mengikuti pelatihan atau penataran
3.      Mengikuti seminar
4.      Mengadakan studi banding
5.      Melaksanakan KKG secara intensif

Program Pengajaran ( Kurikulum )
Kurikulum disusun untuk mewujudkan tujuan pendidikan dengan mempertimbangkan tahap perkembangan peserta didik dan disesuaikan dengan lingkungan, kebutuhan, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Tahun 2012/2013 SD Negeri 01 Banjarsari telah menggunakan Kurikulum KTSP yang disusun menurut kondisi dan keadaan SD Negeri 01 Banjarsari.

Model Pembelajaran
Berangkat dari konsep pemikiran bahwa anak merupakan  individu yang unik, yang mana setiap individu mempunyai potensi yang berbeda-beda, maka sangat diperlukan model pembelajaran yang tepat yaitu pembelajaran yang klasikal dengan menggunakan pendekatan individu, dengan cara :
a)      Setiap guru kelas membuat peta kelas yaitu mengelompokkan siswa yang pandai, sedang dan yang kurang. Dengan dasar itulah guru dapat memberikan layanan kepada siswa secara tepat
b)      Memberikan bimbingan secara khusus kepada siswa yang berbakat, guna mempersiapkan siswa dalam mengikuti berbagai lomba
c)      Memberikan tambahan jam pelajaran kepada secara mengadakan perbaikan dan pengayaan
d)      Mengefektifkan program remidi

Sistem Evaluasi
Guna mengukur ketercapaian materi ( daya serap ) perlu dilakukan evaluasi yang meliputi :
·         Ulangan harian
·         Penilaian pengamatan


·         Penilaian tugas atau PR
·         Ulangan tengah semester
·         Ulangan akhir semester
·         Ujian akhir sekolah

Administrasi
Administrasi yang tertib mewujudkan kinerja yang baik, untuk itu guna meningkatkan mutu SD Negeri 01 Banjarsari Kecmatan Talun perlu membiasakan mengerjakan administrasi secara teratur dan lengkap meliputi :
·         Administrasi Kepala Sekolah
·         Administrasi Guru Kelas
·         Administrasi Guru Mata Pelajaran
·         Administrasi Tenaga Kependidikan

Program Kegiatan Non-Akademik
Guna menyeimbangkan otak kiri dan kanan maka perlu dikembangkan kegiatan non akademik melalui kegiatan ekstrakurikuler, SD Negeri 01 Banjarsari menyelenggarakan kegiatan ekstrakurikuler diantaranya yaitu :
·         Pramuka
·         Olah Raga
·         Kesenian
Siswa akan mengaktualisasikan hasil kegiatan tersebut melalui pentas seni atau porseni



















PROGRAM BIDANG SARANA DAN PRRASARANA
( JANGKA PANJANG )
Program bidang sarana prasarana dan rumah tangga meliputi pengadaan dan perawatan serta mengatur kegunaanya dan menyediakan fasilitas bagi guru dan karyawan guna memperlancar kegiatan belajar mengajar dan kegiatan lain. Tahun 2012/2013 program bidang Saarpras dan rumah tangga meliputi :
Ø  Rehab Bangun Gedung
·         Perbaikan plafon ruang kelas
·         Perbaikan dinding kelas
·         Perbaikan meubeler
·         Pengecatan dinding dan pagar
·         Perbaikan papan nama
·         Pembuatan Gapura
Ø  Pengadaan Barang
·         Pengadaan meubeler
·         Pengadaan komputer
·         Pengadaan alat peraga
·         Pengadaan alat tulis kantor
·         Pengadaan seragam guru dan karyawan
·         Pengadaan kebersihan
·         Pengadaaan sound sistem
·         Pengadaan seperangkat alat drumband



PROGRAM KEGIATAN PEMBINAAN ROKHANI
( JANGKA MENENGAH )

            Program kegiatan pembinaan rokhani untuk mencapai terwujudnya visi dan misi sekolah, maka pembinaan kerokhanian sangat penting bagi guru dan siswa SD Negri 01 Banjarsari agar kualitas keimanan dan mental spiritual selalu terjaga.
            Untuk kegiatan tersebut SD Negeri 01 Banjarsari Tahun Pelajaran 2012/2013 mempunyai program sebagai berikut :
1.      Kegiatan baca tulis Al-Qur’an
2.      Kegiatan Kaligrafi
3.      Memperingati Hari Besar Agama
4.      Kegiatan sholat berjama’ah
5.      Kegiatan Latihan Qurban



PROGRAM KEGIATAN UNIT KESEHATAN SEKOLAH
( JANGKA PENDEK )

            UKS dirsakan sangat penting bagi SD Negeri 01 Banjarsari. Hal ini karena jumlah siswa cukup banyak dan banyak permasalahan kesehatan yang terjadi pada anak didik di sekolah, oleh karena itu pendidikan jasmani dan kesehatan sekolah yang ditanganioleh Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan dan dokter kecil untuk memberikan pelayanan kepada siswa yang membutuhkan.
            Pada tahun pelajaran 2012/2013 di SD Negeri 01 Banjarsari merencanakan penambahan jumlah kader karena dokter kecil yang ada sebagian besar sudah lulus sekolah.

PROGRAM PERPUSTAKAAN
Perpustakan merupakan salah satu komponen sekolah yang sangat penting bagi peningkatan mutu pendidikan di SD Negeri 01 Banjarsari dengan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan yang baik diharapkan dapat meningkatkan minat baca siswa, guru dan karyawan, sehingga peningkatan mutu sumber daya manusia dan mutu pendidikan akan didapatkan.

PROGRAM HUBUNGAN MASYARAKAT
Agar hubungan antara sekolah dengan masyarakat sekitar instansi terkait dapat berlangsung dengan baik dan lancar, maka SD Negeri 01 Banjarsari mempunyai program di bidang hubungan kemasyarakatan untuk tahun pelajaran 2012/2013 dengan kegiatan-kegiatan sebagai berikut :
1.      Publikasi tentang kegiatan sekolah
2.      Mengadakan pertemuan-pertemuan
·         Orang tua murid
·         Komite Sekolah
·         Instansi terkait
3.      Mengundang nara sumber dalam berbagai kegiatan
4.      Mengadakan kerjasama dengan lembaga lain :
·         Komputer
·         Test IQ
·         Perusahaan lain yang tidak mengikat







PENUTUP

            Seraya mengucap syukur Alhamdulillah dengan selesainya penyusunan program kerja SD Negeri 01 Banjarsari Tahun Pelajaran 2012/2013, walaupun masih sangat sederhana program yang tersusun ini masih berupa garis besar yang akan dijabarkan ke dalam rincian tugas. Terlaksana tidaknya program ini sangat tergantung dari peran serta seluruh warga sekolah dan dana yang tersedia. Oleh karena itu dibutuhkan suatu motivasi yang kuat untuk berupaya mewujudkan visi dan misi sekolah dalam memberikan pelayanan kepada siswa dan masyarakat.

Banjarsari,  16 Juli 2012
Kepala Sekolah



Rini Graningsih, S.Pd.SD.
NIP. 196003181980122001



Komentar

Postingan Populer